PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMUAIAN PANJANG BERBANTUAN ARDUINO UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Mochamad Rizky Fradyatama Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF42

Abstract

Abstrak

Alat peraga adalah sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk merangsang pikiran, emosi, dan motivasi peserta didik sehingga mereka dapat belajar dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pemuaian panjang berbantuan Arduino pada materi suhu dan kalor. Alat peraga yang dikembangkan terdiri dari elemen pemanas, sensor LM35, Sensor GY-521 MPU6050, batang uji, kotak elektronika dan LCD. Batang uji yang digunakan adalah logam aluminium, tembaga dan besi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau RnD). Model pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil dari penelitian ini yaitu alat peraga pemuaian panjang berbantuan Arduino pada materi suhu dan kalor yang dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik (LKPD). Berdasarkan hasil validasi kelayakan oleh ahli media diperoleh rata-rata persentase capaian sebesar 89,36% dan oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase capaian sebesar 87,91%. Hasil uji coba pengguna oleh pendidik diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,07% dan uji coba pengguna oleh peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,55%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan sangat layak menjadi media pendamping pembelajaran fisika.

Kata-kata kunci: alat peraga, pemuaian panjang, Arduino, sensor.

Abstract

In the learning process, one of the means used to stimulate the mind, emotions, and motivation of students for more effective learning is teaching aids. This study aims to develop a long-expansion teaching aid assisted by Arduino for temperature and heat subjects. The developed teaching aid consists of a heating element, LM35 sensor, GY-521 MPU6050 sensor, test rods, electronic box, and LCD. The test rods used are made of aluminum, copper, and iron. This study employs the research and development method (R&D). The development model refers to the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research has produced a long-expansion demonstration tool assisted by Arduino for temperature and heat subjects, equipped with a student worksheet (LKPD). Based on the feasibility validation results by media experts achieved a percentage of 89.36% and content experts achieved a percentage of 87.91%. The test results conducted by teachers obtained a percentage of 95.07%, while the limited test conducted by students obtained a percentage of 91.55%. Based on the results of this study, the developed teaching tool is highly suitable as a supporting medium for physics learning.

Keywords: teaching aids, long-expansion, Arduino, sensor.

References

[1] P. K. Dewi, M. S. Hayat, “Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Kelas XI IPA Se-Kota Tegal,” Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas PGRI Semarang, pp. 395-404, 2016.
[2] A. Susanto, “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
[3] Sajidan, Afandi, “Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, pp. 15-27, 2017.
[4] P. A. Perta, I. Ansori, B. Karyadi, “Peningkatan aktivitas dan kemampuan menalar siswa melalui model pembelajaran siklus belajar 5E,” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 1, pp. 72-81, 2017.
[5] M. Amaliyah, I. N. Suardana, K. Selamet, “Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), vol. 4, no. 1, pp. 90-101, 2021.
[6] J. DeWitt, L. Archer, J. Moote, “15/16-year-old Students’ Reasons For Choosing and Not Choosing Physics at a Level,” International Journal of Science and Mathematics Education, vol. 17, no. 6, pp. 1071-1087, 2019.
[7] U. Salamah, M. Mursal, “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Pada Materi Kalor,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 59-65, 2017.
[8] N. Meiza, Y. Yulkifli, Z. Kamus, “Pembuatan Set Eksperimen Muai Panjang Digital Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328,” PILLAR OF PHYSICS, vol. 10, pp. 71-77, 2017.
[9] L. R. Prastika, H. Hamzah, “Detektor Ketebalan Kabut/Asap Berbasis Arduino Uno sebagai Antisipasi Terjadi Kecelakaan di Jalan Raya,” Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, pp. 97-100, 2015.
[10] H. Hamzah, M. Musdar, H. Hasrul, “Pengembangan Alat Ukur Suhu Menggunakan Sensor LM35 Berbasis Arduino UNO Sebagai Media Pembelajaran Fisika,” PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, vol. 4, no. 1, pp. 6-15, 2021.
[11] E. Irawati, C. Huda, W. Kurniawan, “Pengembangan Alat Peraga Perpindahan Kalor secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi dalam Satu Set Alat berbasis Digital,” Seminar Nasional Lontar Physics Forum, pp. 86-91, 2019.
[12] F. I. Diatr, A. Suyatna, Abdurrahman, “Pengembangan Alat Musschenbroek dan Panduan Praktikumnya untuk Membangun Inkuiri Siswa,” Jurnal Eksakta Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 203-211, 2020.
[13] R. M. Branch, “Instructional design: The ADDIE approach,” Springer Science & Business Media, 2009.
[14] Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan,” Bandung: ALFABETA, 2019.
[15] D. Halliday, R. Resnick, J. Walker, “Fundamentals of Physics,” New Jersey: Wiley, 2018.
[16] A. A. Usman, E. Rahmawati, “Menentukan koefisien muai termal logam menggunakan sistem pengukuran digital,” Inovasi Fisika Indonesia, vol. 5, no. 3, pp. 6-8, 2016.
[17] H. D. Young, R. A. Freedman, “University Physics with Modern Physics Fifteenth Edition in SI Units,” London: Pearson Education, 2019.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Fradyatama, M. R., Budi, A. S., & Budi, E. (2024). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMUAIAN PANJANG BERBANTUAN ARDUINO UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–291. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF42

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya