SISTEMATIKA BERFIKIR LOGIS MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI FISIKA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang kemampuan berfikir logis dengan menggunakan media simulasi fisika. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan menggunakan media Simulasi Fisika terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi siswa kelas X di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes kemampuan berpikir logis berupa soal uraian pada setiap pertemuan pada konsep listrik dinamis. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen dengan program SPSS 16.0, diperoleh hasil skor rata-rata post-test kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test kelas kontrol dengan nilai Sig. = 0,04 lebih kecil dari α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan menggunakan media Simulasi Fisika terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas X di SMAN 6 Kota Bengkulu.
Kata kunci: model problem based learning, kemampuan berpikir logis, media simulasi fisika.