PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

  • Azizah Arisman Mahasiswa Pendidikan IPA Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengadakan reformasi dalam bidang pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang mampu mengembangkan sumber daya manusia. Salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah adalah dengan memberlakukan kurikulum 2013. Sesuai dengan kurikulum 2013, untuk pembelajaran sains di SMP dilakukan secara terpadu dengan tujuan dapat membangun keterampilan siswa dalam memecahkan masalah sederhana tetapi secara menyeluruh dan peduli terhadap lingkungannya. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran IPA Terpadu dapat menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan metode praktikum, sebab pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode praktikum dapat memberikan kebebasan kepada pembelajar untuk berpikir secara analitis, kritis, kreatif, reflektif dan produktif. Dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode praktikum, siswa dituntut untuk saling bekerja sama dengan teman sekelompoknya dalam mempelajari dan memecahkan suatu masalah. Dengan demikian diharapkan Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode praktikum dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan literasi sains siswa sebab tujuan dari pembelajaran sains tersebut telah melingkupi aspek-aspek dari literasi sains. Adapun aspek-aspek dari literasi sains itu diantaranya adalah konten, proses dan sikap.

Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, metode praktikum, literasi sains, IPA Terpadu.

Published
2015-10-30
How to Cite
Arisman, A. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-I. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4667