PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METAKOGNISI SEBAGAI SOLUSI SISWA DALAM PEMBUATAN SOLAR DRYER ALTERNATIVE
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui kemampuan metakognisi siswa dalam membuat suatu solusi atau pemecahan masalah yang ada di lingkungan sekitar melalui pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan intact-group comparison. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA, mengambil satu kelas yaitu XI IPA 1 dan terbagi menjadi dua grup yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran berbasis metakognisi melalui praktik pembuatan suatu alat pengering padi sederhana (solar dryer alternative) yang nantinya dapat digunakan sebagai gambaran oleh masyarakat (khususnya petani) sebagai alternatif lain cara mengeringkan padi tanpa bergantung cuaca. Siswa diberi arahan bagaimana cara menumbuhkan kemampuan metakognisinya. Pengambilan data dari kelompok eksperimen difokuskan pada kemampuan berfikir siswa, khususnya kemampuan metakognisi. Metakognisi lebih mengarah pada kemampuan siswa berfikir untuk berfikir apa yang siswa lakukan jika dihadapkan pada permasalahan yang terjadi sampai masalah itu terpecahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika berbasis metakognisi lebih efektif dalam mengarahkan siswa membuat suatu solusi untuk memecahkan masalah yang disajikan berupa praktik pembuatan solar dryer alternative.
Kata kunci: Metakognisi, Pemecahan masalah, Solar dryer alternative.