PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED dan SHARED PADA TEMA PEMANFAATAN SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA tipe webbed dan shared pada tema pemanfaatan sampah dengan pendekatan inkuri terbimbing terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen The Matching only Pretest-Posttest Control Group Design dengan menggunakan dua kelas VII yang memiliki nilai rata-rata kelas yang hampir sama di salah satu SMP Negeri di Sukabumi. Dua kelas tersebut terdiri dari kelas yang menerapkan pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dan kelas yang menerapkan pembelajaran IPA terpadu tipe shared. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis untuk penguasaan konsep, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran IPA terpadu pada kelas tipe webbed dan shared berjalan sesuai dengan tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Peningkatan Penguasaan Konsep pada kelas IPA terpadu tipe webbed ditunjukkan oleh rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,532 (sedang), sementara untuk kelas IPA terpadu shared 0,423 (sedang) (3) Tanggapan siswa untuk pembelajaran IPA terpadu webbed adalah pada umumnya siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA terpadu tipe webbed ini, pembelajaran dimulai dengan tema pemanfaatan sampah yang menghubungkan antara topik pencemaran tanah dengan perubahan materi (perubahan fisika dan kimia), sifat bahan dan dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan manusia.
Kata Kunci: pembelajaran IPA terpadu webbed dan shared, pendekatan inkuiri, penguasaan konsep.