PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FISIKA DALAM PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING
Abstract
Kegiatan eksperimen sangat penting bagi mahasiswa untuk menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, termasuk diantaranya berpikir kritis. Umumnya kegiatan praktikum dilakukan dengan metode cookbook, mahasiswa hanya mengikuti langkah-langkah eksperimen yang telah diberikan. Kegiatan eksperimen seperti ini kurang melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa terkait fenomena yang sedang diamati. Salah satu pendekatan dalam eksperimen yang diprediksi dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis ialah eksperimen berbasis pemecahan masalah (problem solving). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam perkuliahan eksperimen fisika berbasis pemecahan masalah, dangan 15 mahasiswa fisika sebagai sample penelitian. Kegiatan eksperimen dilakukan selama satu semester dengan memberikan lembar kerja yang berisi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan pertanyaan-pertanyaan arahan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan semua aspek keterampilan berpikir kritis (versi Ennis) yang diukur yaitu kemampuan deduksi (deduction), induksi (induction), kredibilitas (credibility), observasi (observation) dan asumsi (asumption) mengalami peningkatan.
Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir kritis, eksperimen.