PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI OPTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Pengayaan Pengetahuan Berbasis Kontekstual pada Materi Optik sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA dan mengetahui kualitasnya sebagai media pembelajaran fisika serta dapat menambah pengetahuan siswa atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) yang merujuk pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri atas 4 komponen yaitu kelayakan materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Instrumen penilaian yang akan digunakan berpedoman pada instrumen penilaian buku pengayaan pengetahuan yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh kelayakan produk dengan interpretasi sangat baik, hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh kelayakan produk dengan predikat sangat baik, hasil uji kelayakan produk oleh editor dengan predikat baik, hasil uji kelayakan kepada guru fisika dengan interpretasi baik, dan hasil uji efektivitas produk kepada siswa melalui pretest dan postest menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dapat menambah pengetahuan siswa. Dari perhitungan gain yang dilakukan didapatkan hasil sebesar 0,509 dengan interpretasi sedang. Dari hasil uji kelayakan ahli materi, ahli media, editor, dan guru fisika serta uji efektivitas buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual pada materi optik yang telah dikembangkan, bahwa buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat menambah pengetahuan siswa.
Keywords: Buku Pengayaan, Optic, Contextual.