PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi Energi Terbarukan khususnya energi air. Media pembelajaran yang dihasilkan memberikan kemudahan kepada siswa untuk mengubah ketinggian jatuhnya air dan debit air sehingga memudahkan siswa mengambil data untuk membandingkan energi listrik yang dihasilkan serta efisiensinya pada ketinggian dan debit air yang berdeda-beda. Pada saat uji coba produk diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi jatuhnya air dan semakin besar debit air, energi listrik yang dihasilkan semakin besar adapun efisiensinya memiliki kecenderungan semakin kecil. Media pembelajaran ini dilengkapi charge untuk menyimpan energi listrik, lampu, kipas dan bel sebagai indikator outputnya. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain model Borg & Gall. Pengambilan data validasi media pembelajaran menggunakan instrument berupa angket kepada lima guru, dua ahli media dan dua ahli materi. Nilai rata-rata guru, ahli media dan ahli materi masing-masing berada di atas 80% sehingga media pembelajaran ini dapat dikatagorikan sangat baik. Data berpikir kritis diperoleh menggunakan lembar test dan non test yang sebelumnya di uji validitas dengan product moment dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach, dari hasil analisis menunjukkan bahwa soal test dan non test valid dan reliabel. Hasil test dan non test menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran energi terbarukan secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Media pembelajaran, Energi Terbarukan, Kemampuan Berpikir Kritis.