DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN CALON GURU FISIKA DALAM MENULIS MATERI AJAR
Abstract
Keterampilan menulis materi ajar merupakan salah satu keterampilan generik pedagogis. Keterampilan tersebut akan terus menerus digunakan oleh guru ketika membuat persiapan mengajar , membuat diktat, modul dan sebagainya. Masalah yang teridentifikasi pada studi lapangan ialah rendahnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menulis materi ajar. Akar masalahnya terletak pada kesulitan mentranslasi planning (deskripsi atau outline suatu pokok bahasan) menjadi tulisan (teks). Permasalahan tersebut pada penelitian ini dicoba diatasi dengan cara mendesain model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis materi ajar. Model pembelajaran dikembangkan dengan memberikan scaffolding antara proses planning dengan proses mentranslasi ide/planning menjadi teks pada model umum proses menulis yang dikembangkan oleh Flower dan Hayes. Scaffolding yang dirancang pada penelitian ini terdiri dari: penentuan topik bahasan, peta konsep, jenis–jenis modus representasi, translasi antar modus representasi, multiple representasi dan multi modus representasi. Keefektifan model pembelajaran ditentukan dengan mengetahu persepsi dosen rekan sejawat dan persepsi mahasiswa peserta perkuliahan dan rata ratanya diinterpretasikan dengan menggunakan RISE Evaluation and Development System ,Evaluator and Teacher Handbook version 1.0 Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa desain model pembelajaran menulis materi ajar fisika yang dikembangkan ini berdasarkan persepsi dosen rekan sejawat dan mahasiswa efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis materi ajar bagi calon guru fisika.
Keyword: desain model menulis, multiple representasi, multi modus representasi, scaffolding.