PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MELDE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum Melde sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas XI yang terfokus pada materi gelombang, khususnya gelombang transversal stasioner pada tali. Gelombang merupakan salah satu materi pelajaran fisika yang memiliki karakteristik yang abstrak dan pergerakannya cepat. Berdasarkan kerucut pengalaman Edgar Dale bahwa pengetahuan akan semakin abstrak apabila pesan hanya disampaikan melalui kata verbal dan akan semakin konkrit jika disampaikan lewat pengalaman langsung, salah satunya yaitu dengan praktikum. Untuk itu perlunya optimalisasi terhadap alat-alat praktikum yang dapat memberikan kemudahan dan minat bagi individu untuk mempelajarinya, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Alat praktikum yang dikembangkan yaitu dengan penambahan pengatur frekuensi dan alat penampil grafik. Penelitian ini akan diujicobakan terhadap siswa kelas XI ataupun XII SMAN 105 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan versi Borg and Gall yang meliputi sepuluh kegiatan, diantaranya: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal (terbatas), (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan, (8) uji kelayakan, (9) revisi hasil uji kelayakan, (10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Alat Praktikum, Percobaan Melde, Research and Development.