KORELASI KEMAMPUAN CALON GURU FISIKA DALAM MENGEMBANGKAN CONTENT REPRESENTATION (CORES) DENGAN KEMAMPUAN MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN KONSEP LISTRIK STATIS

Authors

  • Anatasija Limba Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Puttuhena, Kota Ambon, 97234

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.01.OER.07

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan mengembangkan Content Representation (CoRes) dengan kemampuan merancang dan mengimplementasikan pembelajaran konsep Listrik Statis pada salah satu LPTK di Maluku dengan melibatkan 47 orang sampel. Hasil perhitungan korelasi Pearson Product Moment (PPM) menunjukkan bahwa kemampuan calon guru dalam mengembangkan CoRes berhubungan secara signifikan dengan: 1) kemampuan megembangkan Silabus (koefisien Korelasi = 0,57), 2) kemampuan mengembangkan RPP (koefisien Korelasi = 0,57) dan 3) kemampuan mengimplementasikan pembelajaran (koefisien Korelasi = 0,53). Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat antara kemampuan Calon Guru Fisika dalam Mengembangkan Content Representation (CoRes) dengan kemampuan merancang dan mengimplementasikan pembelajaran konsep listrik statis.

Kata kunci: Content Representation (CoRes),  Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran

Abstract

This study aims to determine the correlation between the ability to develop Content Representation (CoRes) with the ability to design and implement the learning of the concept of Static Electricity at one LPTK in Maluku involving 47 samples. The result of Pearson Product Moment correlation (PPM) indicates that the ability of pre-service teachers’ to develop CoRes correlates significantly with: 1) ability to develop syllabus (Correlation coefficient = 0,57), 2) ability to develop RPP (Correlation coefficient = 0,57) and 3) the ability to implement learning (Correlation coefficient = 0.53). It can be concluded that there is a strong correlation between the ability of pre-service Physics teachers’ in Developing Content Representation (CoRes) with the ability to design and implement static electricity concept learning.

Keywords: Content Representation (CoRes), Designing, and Implementing Learning

Downloads

Published

2017-10-30

How to Cite

Limba, A. (2017). KORELASI KEMAMPUAN CALON GURU FISIKA DALAM MENGEMBANGKAN CONTENT REPRESENTATION (CORES) DENGAN KEMAMPUAN MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN KONSEP LISTRIK STATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 6, SNF2017–OER. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.01.OER.07