PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA KONSEP TEKANAN HIDROSTATIS TERHADAP CAUSAL REASONING SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.01.EER.08Abstract
Abstrak
Fakta dilapangan menunjukan bahwa proses pembelajaran di kelas belum menciptakan aktivitas siswa dalam membuat prediksi, mengaitkan variabel satu sama lain, serta menganalisis hubungan materi dalam pengaplikasian di kehidupan nyata. Maka dari itu, dikembangkan penelitian tentang “Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada konsep Tekanan Hidrostatis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEM terhadap peningkatan causal reasoning siswa pada konsep tekanan hidrostatis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre experimental dengan one group pretest and posttest design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di kota Bandung Barat dengan jumlah partisipan dalam penelitian sebanyak 36 siswa dari siswa SMP kelas VIII. Data penelitian diambil dari hasil pretest dan posttest melalui tes scientific reasoning modifikasi bentuk pilihan ganda beralasan dan diolah menggunakan effect size (d) Cohen’s untuk melihat pengaruh treatment terhadap peningkatan scientific reasoning. Dari hasil pengolahan dan analisis data, effect size yang terukur sebesar 1,89 masuk dalam kategori besar. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran berbasis STEM mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam melatihkan causal reasoning siswa.
Kata-kata kunci: Pembelajaran Berbasis STEM, Causal Reasoning.Abstract