PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM FARADAY PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Authors

  • Ana Amelia Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220
  • Cecep E. Rustana Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220
  • Hadi Nasbey Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220

Abstract

Berawal dari ketidakpuasan guru terhadap alat praktikum di sekolah khususnya pada percobaan Faraday yang dinilai kurang evektif dan tidak praktis dikembangkan set praktikum Faraday sebagai salah satu alternatif  media pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan teoritis set praktikum, hasil belajar, dan respon siswa setelah menggunakan set praktikum Faraday untuk materi induksi elektromagnetik.  Set praktikum Faraday adalah satu kesatuan alat praktikum yang digunakan untuk membuktikan hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik. Pada set praktikum Faraday terdapat empat jenis percobaan yang keseluruhannya digunakan untuk membuktikan hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan menurut Brog dan Gall yang meliputi tiga prosedur pengembangan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji lapangan sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan angket, dan test. Penelitian ini sampai pada tahap pengembangan produk. Hasil uji pengembangan produk awal menunjukkan bahwa Set praktikum Faraday dapat membuktikan fenomena ggl induksi dan dapat menujukkan hubungan antara jumlah lilitan dan kecepatan perubahan fluks magnetik terhadap ggl induksi.

Keywords: Faraday, Induksi elektromagnetik, Set Praktikum.

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

Amelia, A., Rustana, C. E., & Nasbey, H. (2015). PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM FARADAY PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015–II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4988