PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DATA LOGGER UNTUK SMA

Authors

  • Marizka Lustia Dewi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda No.10 Rawamangun, Jakarta Timur, 13220
  • Agus Setyo Budi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda No.10 Rawamangun, Jakarta Timur, 13220
  • Esmar Budi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda No.10 Rawamangun, Jakarta Timur, 13220

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan untuk pengembangan modul praktikum fisika berbasis data logger yang digunakan pada tingkat SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Dick and Carey yang memiliki tiga aktivitas utama, yaitu: analisis, pengembangan strategi, dan evaluasi. Tahapan analisis merupakan tahap pengidentifikasian masalah. Pada tahap ini dilakukan studi pustaka, wawancara dan penyebaran angket kepada beberapa guru sain SMA mengenai efektifitas penggunaan PC Data Logger. Dari studi pustaka diketahui bahwa praktikum dengan menggunakan sistem data logging lebih efektif dari praktikum yang dilakukan secara konvensional. Dari proses wawancara dan penyebaran angket diketahui bahwa sebanyak 90% dari mereka memahami bahwa praktikum dengan menggunakan sistem data logging memiliki banyak keuntungan dibandingkan sistem konvensional, hanya saja terdapat beberapa masalah dalam penggunaan modul yang sudah ada. Dari penelitian pendahuluan ini disarankan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan modul praktikum yang sudah ada agar dapat dengan mudah dipahami oleh guru maupun siswa sehingga kegiatan praktikum dapat berlangsung dengan baik.

Kata Kunci: modul praktikum, sistem data logging.

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

Dewi, M. L., Budi, A. S., & Budi, E. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DATA LOGGER UNTUK SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015–II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5002