BAHAN AJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Muchsin Muchsin Prodi S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Jalan Bendan Ngisor, Semarang, Indonesia, 50229
  • Sutikno Sutikno Prodi S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Jalan Bendan Ngisor, Semarang, Indonesia, 50229
  • Masturi Masturi Prodi S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Jalan Bendan Ngisor, Semarang, Indonesia, 50229

Abstract

Prinsip yang mendasari dalam pembelajaran Problem Based Learning yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang berpusat pada pengembangan tingkat tinggi kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar fisika materi kalor dengan pendekatan Problem Based Learning. Bahan ajar ini dikaji berdasarkan: (1) wujud bahan ajar, (2) kemenarikan bahan ajar, dan (3) efektivitas bahan ajar. Aspek yang dikaji dalam wujud bahan adalah (1) aspek isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa, dan (4) aspek kegrafikaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan model Borg & Gall. Bahwa bahan ajar yang dikembangkan praktis dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri.

Kata Kunci : Bahan ajar; Kalor; Problem-Based Learning.

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

Muchsin, M., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). BAHAN AJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015–II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5003