DESKRIPSI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI I GISTING
Abstract
Tujuan dari penelitian pendahuluan ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran IPA di SMP Negeri I Gisting. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling, dimana peneliti mengambil sampel secara acak untuk memenuhi yang diharapkan dari sampel. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan angket. Data dianalisis secara kualitatif melalui langkah-langkah: tabulasi, coding dan deskripsi terkait dengan fokus penelitian sebelum penulis membuat kesimpulan. Temuan dalam penelitian pendahuluan ini adalah: (1) Guru-guru IPA di SMPN I Gisting sudah mengetahui bahwa pembelajaran IPA SMP sebaiknya dilaksanakan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis pendekatan saintifik. (2) Sebagian guru sudah mengetahui bagaimana membelajarkan IPA menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis pendekatan saintifik dan menggunakan model tersebut dalam membelajarkan IPA. (3) Sebagian guru sudah mengetahui bagaimana membelajarkan IPA menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis pendekatan saintifik, tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. (4) Sebagian besar guru IPA di SMPN I Gisting tidak menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan temuan dari penelitian pendahuluan ini guru-guru dan siswa SMPN I Gisting membutuhkan bahan ajar berupa LKS yang dapat membantu siswa memahami konsep, hukum-hukum dan prinsip-prinsip IPA. Kesimpulan dari penelitian pendahuluan ini adalah perlu dikembangkannya LKS model inkuiri terbimbing berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, pendekatan saintifik, lembar kerja siswa.