OPTIMALISASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL LEVEL OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN OSEAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas X MIA SMAN 15 Bandung)

  • Intan Gando Putri Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl.Dr. Setiabudi No.229, Bandung 40154
  • Selly Feranie Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl.Dr. Setiabudi No.229, Bandung 40154
  • Saeful Karim Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl.Dr. Setiabudi No.229, Bandung 40154
  • Fathuri Fathuri SMA Negeri 15, Jl.Sarimanis I Sarijadi, Bandung 40151

Abstract

Berdasarkan PERMENDIKBUD No.81A tentang Impementasi Kurikulum 2013, proses pembelajaran langsung mewadahi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Dalam pelaksanaannya kegiatan belajar yang dilakukan siswa adalah mengamati menanya mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan . Pada penelitian ini kegiatan tersebut dinamakan „OSEAN‟. Hasil studi pendahuluan menunjukkan, dengan metode ceramah kegiatan OSEAN siswa berturut-turut adalah 76%, 17%, 29%, 26%, 30% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, selain itu hanya 11% siswa yang mencapai KKM. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan „OSEAN‟ dan pemahaman konsep siswa melalui optimalisasi perangkat pembelajaran menggunakan model Level Of Inquiry. Untuk melihat kegiatan „OSEAN‟ digunakan lembar observasi dan open guided inquiry worksheet, sedangkan pemahaman konsep dilihat dari hasil tes pemahaman konsep setiap pertemuan. Indikator keberhasilan PTK adalah (1)untuk kegiatan OSEAN siswa berturut-turut 85%,50%,50%,50%,50% dan siswa tuntas dalam menyelesaikan masalah (2)untuk pemahaman konsep 87% siswa mencapai KKM. Setelah melakukan refleksi dan evaluasi pada siklus I dan II,  pada siklus III, peneliti menekankan pada pendekatan ilmiah dan memberi penguatan konsep yang lebih mendalam pada akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh 100% siswa mencapai nilai di atas KKM, 100% siswa melakukan kegiatan „OSEAN‟ dan tuntas menyelesaikan masalah menggunakan pendekatan ilmiah. Pada siklus III semua indikator keberhasilan tercapai. 

Keywords: Kurikulum 2013, OSEAN, Pemahaman Konsep Model Level Of Inquiry, PTK.

Published
2014-10-30
How to Cite
Putri, I. G., Feranie, S., Karim, S., & Fathuri, F. (2014). OPTIMALISASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL LEVEL OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN OSEAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas X MIA SMAN 15 Bandung). PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 32 - 36. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5437