EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA

Authors

  • Muhamad Gina Nugraha Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI, Jl.Dr. Setiabudhi No.229, Bandung 40154
  • Kartika Hajar Kirana Departemen Fisika FMIPA UNPAD, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Jatinangor 45363
  • Duden Saepuzaman Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI, Jl.Dr. Setiabudhi No.229, Bandung 40154

Abstract

Hasil studi pendahuluan menemukan proses pembelajaran fisika pada populasi penelitian didominasi dengan metode ceramah. Dalam metode ini pembelajaran berlangsung satu arah dan lebih menekankan penyampaian materi pembelajaran, akibatnya kompetensi yang dimiliki siswa kurang terlatih, salah satunya kompotensi berpikir rasional. Model pembelajaran discovery-inquiry yang lebih menekankan pencarian pengetahuan secara aktif dapat dijadikan salah satu alternatif untuk melatihkan dan meningkatkan keterampilan berpikir rasional (KBR) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas model pembelajaran discovery-inquiry terhadap keterampilan berpikir rasional siswa serta tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group time series design dengan sampel penelitian satu kelas siswa-siswi di salah satu SMA Negeri kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran discovery-inquiry cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa dengan rata-rata nilai gain normal (N-gain) 0,57, dan analisis angket menunjukkan 97% siswa menyenangi pembelajaran discovery-inquiry. Siswa termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : pembelajaran discovery-inquiry, keterampilan berpikir rasional.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Nugraha, M. G., Kirana, K. H., & Saepuzaman, D. (2014). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 43–47. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5439