PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFICT DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII

Authors

  • Mela Patrisukma, S .Pd SMPIT Al Haraki, Jl Belimbing 3 No 1 Pancoran, Depok, 16431
  • Maulana Suhadi, S.Si SMPIT Al Haraki, Jl Belimbing 3 No 1 Pancoran, Depok, 16431

Abstract

Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar, baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan matematika sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap percaya diri. Pada pemahaman tersebut, anak yang belajar sains tidak lagi menerima informasi tentang produk sains, tetapi melakukan proses ilmiah untuk menemukan fakta dan membangun konsep. Pembelajaran scientifict membantu siswa membentuk atau mengkonstruksi suatu konsep agar lebih kuat pemahamannya jika diperoleh berdasarkan pengalaman secara langsung melalui pendekatan scientifict yaitu berbasis masalah, penemuan, dan proyek. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang berbasis scientifict yang dituangkan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah dan penemuan dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keyword: LKS, Scientifict, Kurikulum 2013, Berbasis Masalah, Penemuan.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Patrisukma, S .Pd, M., & Suhadi, S.Si, M. (2014). PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFICT DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 85–88. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5484