PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PHET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi problem solving berbantuan PhET, strategi problem solving, dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi dengan posttest only design. Pengambilan data dilakukan dengan tes penguasaan konsep sebanyak 20 soal dan 5 untuk soal kemampuan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan pada 3 kelompok kelas berbeda SMAN 8 Mataram. Kelompok pertama adalah siswa yang belajar dengan strategi problem solving berbantuan PhET, kelompok kedua adalah siswa yang belajar dengan strategi problem solving, dan kelompok ketiga adalah siswa yang belajar secara konvensional. Sebelum dilakukan perlakuan dan pengambilan data, instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli dan uji coba. Data yang telah diproses dianalisis menggunakan multivariate of Anova kemudian diuji lanjut dengan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi problem solving berbantuan PhET lebih baik jika dibandingkan dengan strategi problem solving dan konvensional terhadap penguasaan konsep fisika siswa. (2) Strategi problem solving berbantuan PhET lebih baik jika dibandingkan dengan strategi problem solving dan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: problem solving, PhET, penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis.