PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

  • Frans Tonaogy Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Setyo Budi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Esmar Budi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil diskusi dengan guru, data awal berupa angket yang diisi guru Fisika dan pengamatan di kelas tentang kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat khususnya untuk materi hukum Archimedes. Waktu penelitian dilakukan di SMA Darunnajah pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Media yang dikembangkan berupa Kapal Selam yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi media yang efektif dan efisien dimana selain bisa sebagai alat demonstrasi juga bisa digunakan untuk mengukur berapa besar gaya angkat terhadap kapal selam. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dilakukan peneliti sampai tahap uji coba produk. Pengambilan data validasi media pembelajaran menggunakan instrument berupa angket kepada ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian dengan pengembangan media pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kemampuan analisis siswa khususnya dalam pelajaran Fisika pada materi hukum Archimedes.

Kata kunci: Media pembelajaran, Hukum Archimedes, Kemampuan Analisis.

Published
2014-10-30
How to Cite
Tonaogy, F., Budi, A. S., & Budi, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 130 - 134. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5493