PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

Authors

  • Kuncoro Tri Muryanto Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Setyo Budi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Esmar Budi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada usaha pengembangkan media pembelajaran pada materi Listrik Dinamis mengenai karakteristik rangkaian seri dan paralel untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari 2014 sampai Juni 2014 di SMA Darunnajah Jakarta Selatan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran pada materi Listrik Dinamis dengan konsep karakteristik rangkaian seri dan paralel. Media yang dikembangkan berupa media yang memiliki efisiensi dan efektifitas penggunaan yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan analisis siswa, dimana media tersebut mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk merubah bentuk rangkaian yang ada. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ASSURE (Analyze Learner, State Objective, Select Methods, Media, and Materials, Utilize Media, Required Learner Participation dan Evaluate and revise) Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah butir validasi yang digunakan pada proses Expert Judgement dalam proses pengembangan alat dan tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan analisis siswa.Hasil penelitian ini diharapkan melalui pengembangan media pembelajaran yang ada dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam pelajaran Fisika.

Kata kunci: Media pembelajaran, Listrik Dinamis, Kemampuan Analisis.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Muryanto, K. T., Budi, A. S., & Budi, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 135–139. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5494