PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

  • Nengsih R. Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.
  • Agus Setyo Budi Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.
  • Vina Serevina Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar fisika siswa SMP. Model penelitian menggunakan model korelasi multiple. Yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2013-2014 yang terdiri dari sembilan rombongan belajar dengan jumlah 430 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic parametric yang terdiri dari Uji t dan Uji regresi linear berganda.

Kata kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran discovery, hasil belajar fisika.

Published
2014-10-30
How to Cite
R., N., Budi, A. S., & Serevina, V. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 140 - 142. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5495