PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
Abstract
Diberlakukannya Kurikulum 2013 di beberapa sekolah menuntut guru mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesua i dengan karakteristik materi, siswa, dan sekolah. Materi Listrik Dinamis menuntut guru membelajarkan siswa menggunakan metode eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Model problem Based Learning. Belum tersedianya perangkat pembeljaran fisika SMA yang berorientasi Model Problem Based Learning pada materi Listrik Dinamis mendasari penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA Model Problem Based Learning pada materi Listrik Dinamis yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4-D. Adapun tahapan penelitian adalah pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desimination). Instrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen Validitas (validasi Silabus, validasi RPP, validasi Hand Out, dan validasi LKS). Instrumen Praktikalitas (lembar observasi keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon siswa) instrumen Efektifitas (angket efektifitas respon guru terhadap perangkat pembelajaran dan angket efektifitas respon siswa terhadap Hand Out dan LKS), dan intrumen Dampak kompetensi siswa (lembar penilaian kognitif, afektif, psikomotor dan kinerja) Hasil penelitian ini adalah Perangkat Pembelajaran fisika SMA berorientasi Model Problem Based Learning pada materi Listrik Dinamis yang terdiri dari Silabus, RPP, Hand Out, LKS dan asesmen yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa.