PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 94 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, populasi yang dipakai adalah seluruh peserta peserta didik di SMA Negeri 94 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling. Teknik ini di ambil karena populasi tidak homogen dan bersifat berstrata secara proposional. Sampel diambil dua kelas yang berasal dari kelas X SMA peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Satu kelas sebagai kelas eksperimen belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan satu kelas belajar meggunakan model inkuiri terbimbing. Uji hipotesis menggunakan ANAVA. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik dengan menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi dan menggunakan model inquri terbimbing; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar fisika; (3) Ada perbedaan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik dengan motivasi berprestasi tinggi menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi dan menggunakan model inquri terbimbing; (4) Ada perbedaan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik dengan motivasi berprestasi rendah menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi dan menggunakan model inquri terbimbing.
Keywords: Guided Inquiri, Modified Free Inquiry, Achievement Motivation.