PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PREDICT OBSERVATION EXPLAIN SETTING PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Umiarti Umiarti Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Setyo Budi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Sunaryo Sunaryo Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pembelajaran POE (predict, observe, explain) setting pemodelan merupakan suatu pembelajaran yang mendorong siswa untuk membuat prediksi terhadap kejadian yang didemonstrasikan oleh guru, kemudian siswa membuktikan prediksi tersebut melalui pengamatan untuk dapat membuktikan kebenaran dan kesenjangan antara prediksi yang telah dibuat dengan fakta yang dialami. Pada saat proses pembelajaran tersebut akan terjadi proses peniruan (imitation). Pemodelan ini dilakukan oleh guru agar dalam kegiatan belajar lebih terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh perangkat pembelajaran Fisika yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), modul siswa dan lembar kegiatan siswa (LKS). Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan four D Model (Model 4-D) dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessimenate). Namun, dalam penelitian ini belum dilaksanakan penyebaran sehingga hasilnya berupa prototipe final perangkat pembelajaran yang siap disebarkan.

Kata kunci : Perangkat pembelajan, POE, kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Umiarti, U., Budi, A. S., & Sunaryo, S. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PREDICT OBSERVATION EXPLAIN SETTING PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 161–165. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5500