PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DAN PENILAIAN AUTHENTIC

Authors

  • Mutia Mutia Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220,Telp. (021) 292 662 85/84
  • Agus Setyo Budi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220,Telp. (021) 292 662 85/84
  • Vina Serevina Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220,Telp. (021) 292 662 85/84

Abstract

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Salah satu metode pembelajaran yang dipandang sejalan dengan prinsip-prinsip pendekatan saintifik/ilmiah adalah Problem Based Learning. Pelaksanaan pembelajaran fisika SMA pada Kurikulum 2013 menuntut perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran saintifik/ilmiah. dan penilaian authentic. Pada saat ini dibeberapa sekolah kendala utama yang dialami guru fisika dalam menerapan kurikulum 2013 adalah tentang perangkat pelaksanaan pembelajaran untuk kurikulum itu sendiri sesuai dengan kriteria yang diharapkan yaitu pembelajaran dengan pendekatan scientific dan instrumen penilaian penilaian authentic. Berdasarkan hasil angket awal yang di berikan kepada guru fisika pada sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, ternyata 80% masih menemui kendala dan memerlukan adanya perangkat pelaksanaan pembelajaran dengan dilengkapi instrumen penilaian authentic yang dapat dipaka iuntuk melaksanakan pembalajaran. Selain itu dari hasil wawancara dengan guru fisika ternyata 90% diantaranya menyatakan perlu contoh rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah memakai model pembelajaran serta dilengkapi dengan instrumen-instrumen penilaian authentic. Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran Fisika menggunakan model Problem Based Learning yang dilengkapi penilaian Authentic pada materi Hukum Newton tentang gerak belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika menggunakan model Problem Based Learning yang dilengkapi penilaian Authentuc pada materi Hukum Newton tentang gerak yang valid, praktis dan efektif. .Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model ASSURE. Analisis karakteristik siswa (Analyze learners) yaitu mengidentifikasi karakteristik siswa yang akan melakukan aktivitas pembelajaran. Menetapkan tujuan pembelajaran (State objectives), yaitu menetapkan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan rumusan atau pernyataan yang mendiskripsikan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran. Seleksi media, metode, dan bahan (Select methods, media, and materials) yaitu memilih metode, media, dan bahan ajar yang akan digunakan. Memanfaatkan bahan ajar (Utilize materials) yaitu menyiapkan kelas dan sarana pendukung yang diperlukan untuk dapat menggunakan metode, media, dan bahan ajar yang dipilih. Melibatkan siswa dalam kegiatan Ujicoba (Requires learner participation) yaitu proses simulasi dan ujicoba perangkat pembelajaran memerlukan keterlibatan siswa. Terakhir tahap Evaluasi dan revisi (Evaluate and revisi) yaitu untuk menilai efektivitas perangkat pembelajaran dan juga hasil belajar siswa. Pada perancangan perangkat yaitu menyiapkan prototipe perangkat pembelajaran dan tahap pengembangan adalah melakukan validitas perangkat pembelajaran. Instrumen pengumpul data validitas adalah lembar validasi RPP, modul, LKS dan penilaian authentic.. Instrumen pengumpul data keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah lembar observasi, instrumen kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil uji kevalidan perangkat pembelajaran memperoleh presentase nilai rata-rata validasi RPP adalah 82,6%, modul adalah 84% dan LKS adalah 81,2%, ini berarti perangkat pembelajaran berkategori sangat valid, sedangkan lembar penilaian disimpulkan sangat valid tanpa revisi. Kesimpulan penelitian sampai saat ini adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid.


Keywords: Perangkat Pembelajaran Fisika, Problem Based Learning, Scientific Approach dan Penilaian Authentic

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Mutia, M., Budi, A. S., & Serevina, V. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DAN PENILAIAN AUTHENTIC. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 169–184. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5502