ARTIKEL PENGEMBANGAN MODUL FISIKA FLUIDA STATIS YANG BERBASIS KONTEKSTUAL (SESUAI KURIKULUM 2013)

Authors

  • Tuti Hayati Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Prof. Agus Setyo Budi Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Dr. Esmar Budi, M.Si Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul fisika fluida statis yang berbasis kontekstual (sesuai kurikulum 2013). Pendekatan ilmiah dan penilaian autentik merupakan bagian dari model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Tujuh pilar pembelajaran CTL, yaitu Constructivism; Inquiry; Questioning; Learning Community; Modelling; Reflection; Authentic Assessment. Kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran menjadi 5 M yaitu, mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan dengan Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. 1) analisis tujuan dan karakteristik bidang studi; 2)analisis sumber belajar; 3) analisis karakteristik belajar; 4) menetapkan tujuan belajar dan isi pembelajaran; 5)menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran; 6) menetapkan strategi penyampaian isi pembelajaran; 7) menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran; dan 8) pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran. Validasi draft mencakup 1) uji ahli isi dan media pembelajaran; 2) uji ahli desain pembelajaran; 3) uji siswa perorangan; 4) uji siswa kelompok kecil; dan 5) uji lapangan.

Kata Kunci : Modul Fisika, Kontekstual, Kurikulum 2013, Fluida Statis.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Hayati, T., Budi, P. A. S., & Budi, M.Si, D. E. (2014). ARTIKEL PENGEMBANGAN MODUL FISIKA FLUIDA STATIS YANG BERBASIS KONTEKSTUAL (SESUAI KURIKULUM 2013). PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 216–218. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5509