PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKS berbasis Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika SMA materi suhu dan kalor kelas X. Masalah yang diteliti adalah bagaimana mendapatkan LKS yang berbasis problem solving dengan metode pendekatan IDEAL (Identify the problem, Define the problem, Explore Solution, Act the strategy , Look back and Evaluate the Effect) yang valid dan efektif dalam implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan fokus penelitian yaitu mengembangkan LKS berbasis problem solving sehingga mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang terdiri dari 6 indikator (yaitu mengamati, menafsirkan pengamatan, meramalkan, menerapkan konsep, merencanakan percobaan dan berkomunikasi) dan menguji efektivitas pembelajaran di lapangan. Metode yang digunakan adalah Metode pengembangan menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi, dengan subyek penelitian 60 orang siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di kota Pandeglang-Banten. Instrumen yang digunakan adalah LKS, tes tertulis KPS ,validasi oleh ahli materi Fisika, media membelajaran dan guru Fisika, kuisioner uji coba LKS untuk siswa, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian baru selesai pada tahap pengembangan LKS dan uji validasi soal keterampilan proses sains. Hasil pengembangan LKS menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan baik, sedangkan hasil uji validitas pada tes uji coba soal KPS menunjukkan bahwa soal tes keterampilan proses sains hanya 30 soal yang valid dan tingkat reliabilitas 0,906.
Keywords : Student worksheets, Problem Solving, Science Process Skills.