PENGEMBANGAN SET EKSPERIMEN TERMODINAMIKA UNTUK FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Authors

  • Mohamad Ardian Leonda Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Desnita Desnita Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Hadi Nasbey Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa set eksperimen termodinamika dalam proses pembelajaran fisika untuk materi proses isotermik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan pada bulan September–Desember 2011 di Laboratorium Jurusan Fisika FMIPA-UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (development research) dengan tahapan 1) mengkaji tuntutan standar KTSP dan inventarisasi permasalahan guru dalam menyampaikan konsep isotermik; 2) perancangan alat, pembuatan set eksperimen termodinamika dan uji validasi oleh tenaga ahli; 3) tahap implementasi, set eksperimen diuji cobakan terhadap siswa SMA kelas XI untuk mengetahui penilaian siswa terhadap set eksperimen termodinamika. Hasil validasi ahli media memberikan skor rerata 75%, ahli materi 81,25%, guru memberikan skor rerata 87,5, dan siswa 75%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran.

Kata kunci: Set eksperimen, penelitian pengembangan.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Leonda, M. A., Desnita, D., & Nasbey, H. (2014). PENGEMBANGAN SET EKSPERIMEN TERMODINAMIKA UNTUK FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 229–234. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5512