PENGARUH PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

  • Budi Darmo Pascasarjana Jurusan pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh hasil belajar fisika antara siswa menggunakan pembelajaran PBL melalui metode inquiry dan pembelajaran PBL melalui metode problem solving. 2) Pengaruh interaksi antara penerapan pembelajaran PBL dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika. 3) Perbedaan hasil belajar fisika antara siswa dengan sikap ilmiah tinggi menggunakan pembelajaran PBL melalui metode inquiry dengan pembelajaran PBL melalui metode problem solving. 4) Perbedaan hasil belajar fisika antara siswa dengan sikap ilmiah rendah menggunakan model pembelajaran PBL melalui metode inquiry dengan pembelajaran PBL melalui metode problem solving. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Peminatan Matematika dan Sains SMAN 9 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi ekspenmen. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Hasil analisis penelitian adalah hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran PBL melalui metode inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran PBL melalui metode problem solving

Kata kunci : Problem Base Learning, Inquiry, Problem Solving dan Hasil Belajar Fisika

Published
2014-10-30
How to Cite
Darmo, B. (2014). PENGARUH PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 239 - 242. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5514