Pengembangan Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa miniatur pembangkit listrik tenaga uap yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika pada materi perubahan energi kelas XI SMA. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2011 - Januari 2013 di Laboratorium Jurusan Fisika FMIPA-UNJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (1) mengkaji tuntutan standar KTSP dan inventarisasi permasalahan guru dalam menyampaikan konsep perubahan energi. (2) perancangan media, (3) pembuatan media miniatur pembangkit listrik tenaga uap, (4) uji fungsional dan karakteristik media, (5) pengembangan desain media miniatur agar mudah diamati, (6) validasi oleh tenaga ahli (dosen), guru dan siswa. Hasil uji coba miniatur pembangkit listrik tenaga uap menunjukkan bahwa miniatur pembangkit listrik tenaga uap merupakan media pembelajaran sebagai alat demonstrasi yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan pesan pembelajaran serta dapat mengembangkan keterampilan proses sains. Hasil uji coba miniatur pembangkit listrik tenaga uap dapat menarik minat siswa dalam belajar fisika dengan topik yang menarik dan berguna bagi mereka sehingga mudah memahami materi dan pesan pembelajaran yang disampaikan serta dapat mengembangkan keterampilan proses sains.
Kata Kunci : alat peraga, miniature, pembangkit listrik tenaga uap.miniature, steam power plants.