MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELIGENT PADA SISWA INKLUSI UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA TINGKAT SMP

  • Maulana Suhadi Guru SMPIT Darul Abidin Jalan: Karet Hijau No.29, Beji, Depok

Abstract

Education for All, istilah tersebut sering didengar dalam era pendidikan sekarang, yang berarti setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang dapat mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan Inklusi merupakan pendidikan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah, sehingga setiap anak yang memiliki keterbatasan dalam belajar (berkebutuhan khusus) perlu mendapatkan pendidikan yang bermutu sebagaimana anak-anak yang lain. Pendidikan inklusi bersifat terbuka terhadap perbedaan karakter peserta didik dan berupaya mengakomodasi setiap perbedaan tersebut dengan cara-cara yang tidak merugikan peserta didik lain. Bahkan, dalam pendidikan inklusi diharapkan perbedaan karakteristik siswa menjadi pembelajaran tersendiri dan bernilai manfaat bagi setiap peserta didik. Usaha saling memahami perbedaan antar peserta didik dan upaya untuk memperlakukan perbedaan antar peserta didik secara semestinya memberi nilai plus bagi pendidikan inklusi. Fisika merupakan pelajaran yang tidak banyak diminati oleh siswa, hal ini karena banyak faktor yang mempengaruhinya selain karena faktor karakteristik mata pelajaran yang tergolong sulit juga karena metode penyampaian guru yang membuat siswa tidak memahami dan bahkan menjadikan pelajaran fisika sebagai pelajaran yang tidak diminati. Jika untuk siswa non-Inklusi fisika adalah pelajaran yang sulit apalagi siswa yang jelas-jelas tergolong siswa Inklusi, oleh karena itu penerapan multiple intelligent (kecerdasan majemuk) dalam mengembangkan potensi siswa-siswa Inklusi yang sesuai dengan gaya belajarnya dapat meningkatkan keingintahuan dan membantu mereka dalam memahami pelajaran fisika dengan baik meskipun merekan belajar bersama-sama dengan siswa yang lain dalam ruang dan kondisi sama.

Kata Kunci : Multiple Inteligent, Inklusi, Fisika.

Published
2012-10-30
How to Cite
Suhadi, M. (2012). MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELIGENT PADA SISWA INKLUSI UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA TINGKAT SMP. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 1(1), 100 - 105. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/6161