BUKU SUPLEMEN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • Dhita Kusuma Dewi Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • I Made Astra Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Dwi Susanti Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.01

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku suplemen berbasis android yang dapat menunjang pembelajaran fisika SMA pada materi gelombang elektromagnetik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Dick & Carey. Berdasarkan analisis kebutuhan pada 49 peserta didik kelas XI SMA di Jakarta diperoleh hasil bahwa 75.5% sumber belajar yang digunakan adalah buku pelajaran fisika tetapi 71.4% diantaranya merasa kesulitan untuk mempelajari fisika dari sumber belajarnya sehingga munculah buku suplemen berbasis android ini sebagai media belajar tambahan yang dapat digunakan peserta didik diluar kegiatan belajar mengajar (KBM). Buku suplemen ini berisi mengenai materi gelombang elektromagnetik yang disajikan dalam versi digital dan dilengkapi dengan video pendukung serta latihan soal. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase sebesar 95,8% oleh ahli materi dan 87% oleh ahli media dengan interpretasi sangat layak. Uji efektivitas menunjukkan hasil uji gain sebesar 0,517 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektifitas maka dapat disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis android pada materi gelombang elektromagnetik untuk peserta didik SMA ini dapat dikategorikan sebagai bahan ajar mandiri yang layak digunakan.

 

Kata-kata kunci: buku suplemen, android, gelombang elektromagnetik

Abstract

This research aims to develop and produce products in the form of supplement book based on Android that can support high school physics learning on electromagnetic wave materials. A method that used in this research is Research and Development (R&D) refers to a model of Dick & Carey. Based on requirement analysis, it was found that 75.5% of learning resources which used is physics textbooks but 71.4% of them found it difficult to learn physics from their learning sources so this supplement book based on Android appeared as an additional learning media that can use learners outside of teaching and learning activities (KBM). This supplement book contains electromagnetic wave material presented in digital version and comes with supporting video and exercise questions. Based on the validation results obtained a percentage of 95.8% by material expert and 87% by media experts with a very feasible interpretation. Effectiveness test shows the result of the gain test of 0.517 with moderate interpretation. Based on the feasibility test and the effectiveness test, so it can be concluded that supplement book based on android of electromagnetic waves material for high school students can be categorized as self-sufficient teaching materials that are suitable for use.

Keywords: supplement book, android, electromagnetic waves

References

[1] Frydenberg, Mark, and Diana Andone. "Learning for 21st Century Skills." International Conference on Information Society. London: IEEE, 2011. 314-318.
[2] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. "Survei Internet APJII 2016." APJII. 2016. https://apjii.or.id/survei2016 (accessed Januari 17, 2018).
[3] Astra, I Made, Hadi Nasbey, and Aditiya Nugraha. "Development of an Android Application in the Form of a Simulation Lab as Learning Media for Senior High School Students." Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 11, no. 5 (2015): 1081-1088.
[4] Kemendiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 02 Tahun 2008 Pasal 6 Ayat 2 dan 3 tentang Penggunaan Buku di Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
[5] Rokhmah, Aulia. Penyusunan Buku Suplemen Mapel Geografi SMA Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Berbasis Android. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2015.
[6] Maryam, Siti. "Strengthening the Character: Uphold Ethics in Indonesian Language Study Pass by Supplementary Books." EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 2012: 39-50.
[7] Muzakir. Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013, 13-15.
[8] I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, 2017.
[9] S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, 2016.
[10] D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.
[11] B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, jpppf, vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2018.
[12] S. Sarinah, D. Muliyati, and I. M. Astra, “Merancang Komik Cerita Tokoh Menggunakan Aplikasi Comicker sebagai Media Pembelajaran”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 103 - 110, 2016.
[13] F. Savila, I. M. Astra, and D. Muliyati, "Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI." Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol.4, no.2, 2018.
[14] D. Muliyati, S. Siswoyo, D. Rahmadini, “Komik efek fotolistrik : komik sejarah efek fotolistrik dari 5 ilmuwan.” CV Green Circle Digital, 2017.
[15] D. F. Saputri, S. Fadilah, and W. Wahyudi, “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 7 - 14, 2016.
[16] D. Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 97 - 104, 2016.
[17] S. Maulana, D. Desnita, and R. Raihanati, “The Development of Knowledge Enrichment Books Concerning Ice and Snow Physical Studies for High-School Students”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 83 - 90, 2018.
[18] H. Anis and A. M. Yusuf, “Implementasi Lembar Kerja Berbasis Pertanyaan Produktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berinkuiri Siswa SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 23 - 30, 2016.
[19] D. Saepuzaman and Y. Yustiandi, “Pengembangan Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan Penentuan Koefisien Restitusi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 145 - 150, 2017.
[20] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.
[21] Sundayana, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Dewi, D. K., Astra, I. M., & Susanti, D. (2018). BUKU SUPLEMEN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.01