PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT OPTIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.02Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia alat optik berbasis problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Penelitian dilakukan di Laboratorium fisika FMIPA UNJ. Ensiklopedia yang dikembangkan ini dilengkapi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi alat optik. Ensiklopedia telah divalidasi oleh ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan instrumen validasi. Ensiklopedia alat optik terdiri dari 6 materi, yaitu (1) kacamata; (2) kamera; (3) Lup; (4) mikroskop; (5) periskop; dan (6) teleskop. Tahapan problem based learning dalam ensiklopedia ini terdiri dari problem orientation, organize student to learn, investigation, problem solution result, analysis and problem solution evaluation. Ensiklopedia ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik.
Kata-kata kunci: Ensiklopedia, Alat Optik, Problem Based Learning, Sumber Belajar
Abstract
The aim of this study to develop optical instruments encyclopedia based on problem-based learning approach. The research method used is research and development (R & D) with the ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). The development of optical instruments encyclopedia is done in State University of Jakarta ’s physics laboratory. This encyclopedia has been validated by experts, that is content experts, media experts, and learning experts by providing a validation instrument. Optical instruments encyclopedia consist of 6 titles, that is (1) eyeglasses; (2) camera; (3) magnifying glass; (4) microscope; (5) periscope; and (6) telescope. It is structured by problem-based learning approach stage that is problem orientation, organize student to learn, investigation, problem solution result, analysis, and problem solution evaluation. Overall, this encyclopedia deserves to be used as a learning resource for students.
Keywords: Encyclopedia, Optical Instrument, Problem Based Learning, Learning Resource
References
[2] Dit.PSMA. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelaaran. Jakarta: Kemendikbud.
[3] Nurafifah, A. (2017). Developing wave encyclopedia based on scientific approach. International Conference on Mathematic and Science Education. Bandung.
[4] Riduwan. (2007). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
[5] Sitter, C. L., & Gray, C. (2007). Learn Reference Work First North American Edition. USA: Total Recall Publications, Inc.
[6] Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning.
[7] I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, 2017
[8] A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, 2015.
[9] A. Halim, S. Suriana, and M. Mursal, “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 1 - 10, 2017.
[10] M. H. Mustofa and D. Rusdiana, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 15 - 22, 2016.
[11] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, 2015.
[12] F. Fathiah, I. Kaniawati, and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, 2015.
[13] H. Hermawan, “Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 167 - 174, 2017.
[14] N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, 2017.
[15] D. F. Saputri, S. Fadilah, and W. Wahyudi, “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 7 - 14, 2016.
[16] D. Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 97 - 104, 2016.