PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

Authors

  • Livia Quita Sari Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta 13220
  • Cecep E. Rustana Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta 13220
  • Raihanati Raihanati Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta 13220

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.06

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang menghasilkan sumber belajar mandiri berupa modul elektronik (e-module) menggunakan problem based learning pada pokok bahasan fluida dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan tahapan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk penelitian ini diuji lapangan di SMAN 72 Jakarta. Produk dibuat menggunakan software 3D Pageflip Professional 1.7.7 dan konten-kontennya menggunakan beberapa software, yaitu iSpring Suite 8, Wondershare Filmora, dan Microsoft Office. Hasil validasi dan tanggapan uji coba lapangan menunjukkan bahwa e-module yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri dengan skor rata-rata 86,67% menurut ahli materi fisika, 80,24% menurut ahli media pembelajaran, 84,90% menurut ahli pembelajaran, 81,16% menurut guru fisika SMA, dan 84,44% menurut peserta didik SMA kelas XI. Uji efektivitas produk menggunakan uji gain ternormalisasi didapatkan rata-rata skor sebesar 0,546 menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji efektivitas produk, maka e-module menggunakan problem based learning pada pokok bahasan fluida dinamis yang dikembangkan layak dijadikan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMA kelas XI dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Kata-kata kunci: E-module, Model 4D (four-D), PBL, fluida dinamis, hasil belajar kognitif.

Abstract

A research had been conducted which produced self-learning resources in the form of an electronic module (e-module) using problem-based learning on the subject of dynamic fluid. This research method used is development research method with 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). This research method used is development research method with 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). This research product was tested at SMAN 72 Jakarta. This product is made using 3D Pageflip Professional 1.7.7, and its content uses several software is iSpring Suite 8, Wondershare Filmora, and Microsoft Office. Validation results and field trial responses indicate that the e-module developed is suitable to be used as an independent learning source with an average score of 86,67% according to physics material experts, 80,24% according to instructional media experts, 84,90% according to learning experts, 81,16% according to the high school physics teacher, and 84,44% according to high school students class XI. Product effectiveness test using normalized gain test obtained an average score of 0.546 indicating an increase in cognitive learning outcomes with moderate criteria. Based on the results of the feasibility test and product effectiveness test, the e-module uses problem-based learning on the topic of dynamic fluid developed which is suitable to be used as a source of independent learning for students of class XI and can improve cognitive learning results of students.

Keywords: E-module, 4D (four-D) model, PBL, Dynamic Fluid, Cognitive Learning Result.

References

[1] Thomas M. Duffy dan David HAL. Jonassen. (1992). Constructivism and The Technology of Instruction Hillsdale. New Jersey: Lawrence Erbaum Associates, hal. 22.
[2] B. Seels dan Richey, R.C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington, DC: AECT.
[3] Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglensindo.
[4] M. S. Mclsaac dan Gunawardena. (1996). Handbook of Research for Educational Communications and Technology. New York: AECT, hal. 78.
[5] Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[6] Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi Kelima, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[7] Ibrahim, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
[8] Arvi Sekar Farenta, S. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1159-1168.
[9] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
[10] Thiagarajan, S.S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington
[11] U. R. Fitri, D. Desnita, and E. Handoko, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 47 - 54, 2015.
[12] F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, 2015.
[13] F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, 2016.
[14] N. Nurhayati and B. Boisandi, “Penggunaan Modul Berbasis Konstruktivis pada Mata Kuliah Fisika Kuantum untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep ditinjau dari Kemampuan Matematik Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 33 - 38, 2015.
[15] U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, 2016.
[16] H. Hamdani, S. Mursyid, J. Sirait, and E. Etkina, “Analisis Hubungan antara Sikap Penyelesaian Soal dan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 151 - 156, 2017.
[17] M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, 2017.
[18] A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, 2015.
[19] M. H. Mustofa and D. Rusdiana, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 15 - 22, 2016.
[20] N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, 2017.
[21] S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, 2017.
[22] A. Halim, S. Suriana, and M. Mursal, “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 1 - 10, 2017.
[23] F. Fathiah, I. Kaniawati, and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, 2015.
[24] S. Trisnaa and A. Rahmi, “Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 9 - 14, 2016.
[25] S. Alfiyah, F. Bakri, and R. Raihanati, “Pengembangan Set Praktikum Fluida Dinamis untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XI”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 47 - 56, 2016.
[26] Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
[27] Meltzer, D. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics. American Journal of Physics.

Downloads

Published

2018-10-30

How to Cite

Sari, L. Q., Rustana, C. E., & Raihanati, R. (2018). PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.06