E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY DI SMA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.07Abstract
Abstrak
Untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas khususnya pada pelajaran fisika yang membutuhkan pemahaman untuk berfikir secara ilmiah mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di alam maka dibutuhkan media belajar pendukung. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media belajar pendukung yaitu pembelajaran elektronik (e-learning). Pada pengembangan e-learning ini digunakan software eXe-Learning (E-Learning XHTML Editor). Penelitian ini difokuskan pada pengembangan e-learning berbasis eXe-learning untuk pembelajaran Suhu dan Kalor dengan model pembelajaran Discovery Inquiry. E-Learning yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen yaitu menu homepage, petunjuk penggunaan, materi Suhu dan Kalor (terdiri dari teks materi, gambar, video, animasi, contoh soal, latihan soal, dan uji kompetensi), chatroom, dan menu logout. Dalam penyajiannya, e-learning materi Suhu dan Kalor ini didesain sesuai dengan tahapan model pembelajaran Discovery Inquiry yang terdiri beberapa tahapan, yaitu Stimulasi, Perumusan Masalah, Pengumpulan Data, Analisis Data, Verifikasi, dan Generalisasi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat aktif dalam mengakses e-learning berbasis eXe-Learning dengan tetap sistematis. Hasil uji kelayakan materi pada media yang dikembangkan menunjukan beberapa kelebihan, antara lain dapat digunakan sebagai media belajar pendukung dalam membangun pengetahuan konsep, sebagai media belajar mandiri yang dapat diakses secara online, dan evaluasi diri terhadap penguasaan materi fisika Suhu dan Kalor.
Kata-kata kunci: E-Learning berbasis eXe-Learning, Suhu dan Kalor, Discovery Inquiry.
Abstract
To create a quality learning on physics that requires an understanding to think scientifically about the phenomenon in nature is needed supporting media. One of the tools that can be developed as supporting learning media is electronic learning (e-learning). This e-learning uses software eXe-learning (e-learning XHTML Editor). This research is focused on e-learning development based on eXe-learning for temperature and heat learning with Discovery Inquiry learning model. The developed e-learning consists of several components: homepage menu, user guide, temperature and heat material (consisting of material text, image, video, animation, questions sample, practice, and competency test), chatroom, and logout menu. In the presentation of temperature and heat material is designed in accordance with the phase of discovery inquiry learning model consisting of several stages, stimulation, problem formulation, data collection, data analysis, verification, and generalization. It aims to enable students to be active in accessing e-learning based on eXe-learning systematically. The results of the material feasibility test on the developed media show several advantages, can be used as a supporting learning media in building conceptual knowledge, as an independent learning media that can be accessed online, and evaluation of mastery of temperature and heat materials.
Keywords : e-learning based eXe-learning, temperature and heat, discovery inquiry
References
[2] A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
[3]
[4] D. Dzamarah, Pengembangan E-Learning dan Desain, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Warjana and A. Razaq, Membuat Bahan Ajar Berbasis Web dengan eXe, Jakarta: PT Alex Media Komputindo, 2009.
[5] D. Mukhlas, "Tutorial Modul Exe Learning," Modul eXe-Learning, 2017.
[6] U. Rahayu, Media Pembelajaran Fisika Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Website Offline Dengan Penggunaan Program eXe-learning v 1.040.0 Untuk SMA Kelas XI Pokok Materi Fluida, Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret, 2014.
[7] S. B. Djamarah and A. Zain, Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[8] D. Muliyati, F. Bakri, A.Yulia, K. A. Efrita, “CMS wordpress : media e-learning sains,” Jakarta: CV Green Circle Digital, 2017.
[9] F. Bakri, D. Muliyati, “Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Matakuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 2017.
[10] Efrita, K. A., Bakri, F., & Muliyati, D. (2016). Pengembangan E-learning Menggunakan LMS (Learning Management System) untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding SNIPS, 469-474.
[11] Sugiyono, Statistika Untuk Penilaian, Bandung: Alfabeta, 2014.