E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN OPTIKA GEOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI SMA KELAS XI

Authors

  • Eulis Arumsari Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Bambang Heru Iswanto Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Dwi Susanti Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.08

Abstract

Abstrak

Untuk menciptakan pembelajaan fisika yang efektif dan efisien khususnya pada pembelajaran optika geometri di SMA maka dibutuhkan suatu media belajar pendukung bagi siswa.  Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media belajar pendukung yaitu pembelajaran elektronik (E-Learning). Software yang digunakan dalam pengembangan e-learning ini yaitu software pembelajaran eXe-Learning (E-learning XHTML Editor). Penelitian ini difokuskan pada pengembangan e-learning berbasis eXe-learning untuk pembelajaran optika geometri dengan model pembelajaran learning cycle.  E-learning yang dikembangkan menggunakan software eXe-learning dengan beberapa komponen yang terdiri dari homepage, petunjuk penggunakan e-learning berbasis eXe-learning, materi Optika Geometri (terdiri dari teks materi, gambar, animasi pendukung, video pembelajaran, contoh soal, latihan soal serta uji kompetensi) , chat room, dan menu logout. Dalam penyajian materi e-learning optika geometri di desain sesuai dengan tahapan model learning cycle yang terdiri dari engage, eksplorasi, eksplanation, elaborasi, dan evaluasi hal ini bertujuan agar siswa dalam mengakses media belajar ini secara mandiri tetap terstruktur dan sistematis. Hasil uji kelayakan materi pada media yang dikembangkan menunjukan beberapa kelebihan diantaranya yaitu dapat digunakan sebagai media pendukung dalam membangun pengetahuan konsep fisika pada materi optika geometri, sebagai media belajar mandiri yang dapat diakses secara online, dan evaluasi diri terhadap penguasaan materi fisika optika geometri.

Kata-kata kunci: E-learning berbasis eXe-learning, Optika Geometri, Learning Cycle.

Abstract

To create an effective and efficient physics learning especially in optical geometry for junior high school is needed supporting learning media for students. One of the tools that can be developed as supporting media is electronic learning (e-learning). Software used in the e-learning is eXe-learning software (e-learning XHTML Editor). This research is focused on e-learning development based on eXe-learning for optical geometry with the learning cycle model. Developed learning uses e-learning software with several components consisting of homepage, e-learning based eXe-learning instruction, optical geometry material (consisting of material texts, images, supporting animations, learning videos, sample questions, competency tests), chatrooms, and logout menu. In the presentation of e-learning materials of optical geometry is designed in accordance with the stages of the learning cycle model consisting of engaging, exploration, explanation, elaboration, and evaluation. This aims to enable students to access these learning media independently to be structured and systematic. The result of the material feasibility test on learning media shows several advantages, can be used as supporting media in building the knowledge of physics concept on optical geometry material, as the learning media which can be accessed online, and self-evaluation of the mastery of optical geometry material.

Keywords: e-learning based eXe-learning, optical geometry, learning cycle.

References

PUSPENDIK, "Presentase Penguasaan Materi Soal Fisika (Materi)," Pusat Penelitian dan Pendidikan, Jakarta , 2015.
V. S. A. B. S. Aristin Raras, "Perbandingan Hasil Belajar Fisika yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dengan Discovery Inquiry di SMA," Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 Vol IV, p. 2, 2015.
Supardi, Leonard, H. Suhendri and Rismurdiyanti, "Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika," Jurnal Formatif 2(1): 71-81, 2012.
P. Sofyan, Pandungaan eXe-Learning Sebagai Aplikasi Pembuatan Modul e-Learning, Pusdiklat Kehutanan, 2015.
U. Rahayu, "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Konstektual Interaktif berbasis Website Offline dengan Penggunaan Program eXe-Learnig 1.04.0 untuk SMA Kelas XI Pokok Materi Fluida," Universitas Sebelas Maret , Surakarta, 2014.
PUSPENDIK, "Prosentase Penguasaan Materi Soal Ujian Nasional Fisika (Indikator) pada wilayah Kota Jakarta Timur," Pusat penelitian dan Pendidikan, Jakarta, 2015.
S. V. Laksita, S. Supurwoko and S. Budiawanti, "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor untuk Kelas X SMA," Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 2013.
E. L. Chiappetta and T. R. Koballa, Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills (7th Edition), Boston: Allyn & Bacon, 2010.
D. Muliyati, F. Bakri, A.Yulia, K. A. Efrita, “CMS wordpress : media e-learning sains,” Jakarta: CV Green Circle Digital, 2017.
F. Bakri, D. Muliyati, “Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Matakuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 2017.
Efrita, K. A., Bakri, F., & Muliyati, D. (2016). Pengembangan E-learning Menggunakan LMS (Learning Management System) untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding SNIPS, 469-474.
N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, Dec. 2017.
A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, Jun. 2015.
E. S. Warimun and A. Murwaningsih, “Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 105 - 110, Jun. 2015.
S. Kalatting, V. Serevina, and I. M. Astra, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2015.
S. Suhardi, S. Hanaping, and M. A. Said, “Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas VII.D SMP Negeri 2 Bangkala Kabupaten Jeneponto”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 89 - 96, Dec. 2015.
M. Muslim, “Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 13 - 18, Dec. 2015.
N. Rimbawati and M. Muchlas, “Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Blended Learning untuk Berbagai Jenis Gaya Belajar Siswa Menengah Atas pada Pokok Bahasan Listrik Statis”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 1 - 6, Dec. 2015.
I. Imaniyah, S. Siswoyo, and F. Bakri, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 17 - 24, Jun. 2015.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2006.

Downloads

Published

2018-11-15

How to Cite

Arumsari, E., Iswanto, B. H., & Susanti, D. (2018). E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN OPTIKA GEOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI SMA KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.08