HANDOUT BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Cantika Dewi Mayangsari Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Bambang Heru Iswanto Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.09

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) membutuhkan perangkat pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya pada pembelajaran usaha dan energi di SMA. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran dan banyak digunakan yaitu smartphone berbasis Android. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan handout berbasis Android sebagai bahan ajar usaha dan energi di SMA untuk mendukung pembelajaran berbasis masalah. Aplikasi Android dikembangkan dengan fitur-fitur utama yang meliputi navigasi penyajian dinamik, media pendukung seperti konten materi, video pembelajaran dan peta konsep, serta perangkat penilaian pembelajaran interaktif. Handout berbasis Android dikembangkan sesuai model pembelajaran berbasis masalah untuk melatih siswa belajar aktif secara mandiri menemukan sesuatu, memecahkan masalah, dan mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan antara lain sebagai media alternatif dalam penguatan pemahaman konsep, pembelajaran fisika secara mandiri, evaluasi diri terhadap penguasaan fisika, dan memfasilitasi pembelajaran aktif di luar kelas.

Kata-kata kunci: handout berbasis Android, usaha dan energi, problem based learning.

Abstract

Problem-based learning model requires effective and efficient learning tools especially on work and energy learning in high school. One of the devices that can be developed as a learning media and widely used is the Android-based smartphone. This research is focused on the development of Android-based handouts as a teaching material of work and energy in high school to support problem-based learning. The Android app is developed with key features that include dynamic presentation navigation, supporting media such as material content, learning videos and concept maps, as well as interactive learning assessment tools. Android-based handouts are developed according to a problem-based learning model to train students to learn actively to find something, solve problems, and develop the knowledge they have. Based on the results of feasibility tests that have been done, showing the media developed feasible to be used, among others, as an alternative media in strengthening conceptual understanding, physics learning independently, self-evaluation of physical mastery, and facilitate active learning outside the classroom.

Keywords: Android-based handouts, work and energy, problem-based learning.

References

R. Helmanda, "Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Siswa SMA Semester 2," Jurnal Pendidikan Matematika, pp. 75-76, 2012.
A. Prastowo, Pengambangan Bahan Ajar Tematik, Yogyakarta: DIVA Press, 2014.
Arsyad A, Media pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.
W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
A. G.-M. J. M. Carlos Becerra-Labra, "Effects of a Problem-based Structure of Physics Contents on Conceptual Learning and the Ability to Solve Problems," International Journal of Science Education, p. 1235, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.
I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, Jun. 2017.
B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, jpppf, vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2018.
D. Desnita, “Kurikulum Tersembunyi Lingkungan di dalam Materi Energi Terbarukan untuk Fisika SMA”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 7 - 12, Dec. 2015.
H. Rusnayati, R. Stefani, and A. F. C. Wijaya, “Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 69 - 76, Jun. 2015.
N. T. Yono, M. A. Marpaung, and D. Desnita, “Pengembangan Media Pembelajaran Termoelektrik Generator sebagai Sumber Energi”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 65 - 70, Dec. 2016.
I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 71 - 78, Dec. 2016.
S. Sunaryo, A. Retno Budi, R. Ruliana, and S. Kholimah, “Kajian Fisis Energi Terbarukan Panel Surya Melalui Eksperimen Sederhana untuk Siswa SMA”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 81 - 88, Dec. 2015.
A. Sutiadi and H. Nurwijayaningsih, “Konstruksi dan Profil Problem Solving Skill Siswa SMP dalam Materi Pesawat Sederhana”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 37 - 42, Jun. 2016.
M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, Dec. 2017.
A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, Jun. 2015.
M. H. Mustofa and D. Rusdiana, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 15 - 22, Dec. 2016.
N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, Dec. 2017.
A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Mayangsari, C. D., Iswanto, B. H., & Susanti, D. (2018). HANDOUT BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.09