PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN "DARI EVOLUSI BINTANG HINGGA GELOMBANG GRAVITASI" UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.10Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan mengenai gelombang dan gravitasi Einstein yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kelayakan pengembangan buku pengayaan pengetahuan diukur berdasarkan indikator yang telah ditetapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Buku yang dikembangkan ditulis dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang memperjelas isi materi. Instrumen validasi buku yang dikembangkan terdiri dari tiga aspek yaitu materi, media, dan pembelajaran. Hasil validasi mendapatkan skor rerata sebesar 84,8% dengan rincian 97% pada komponen materi, 80,8% pada komponen media, dan 76,67% pada komponen pembelajaran.
Kata-kata kunci: buku pengayaan pengetahuan, gelombang gravitasi, evolusi bintang
Abstract
This research aims to develop a knowledge-enrichment book about the wave and Einstein’s gravity that worthy used as physics teaching material for Senior High School. The research method used Research and Development (RnD) and referred to ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The worthiness of developing a knowledge-enrichment book is referring to the guidelines that published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). The knowledge-enrichment book is written in the communicative language, equipped, and pictures that clarify the contents. The developed book validation instrument consists of three aspects such as material, media, and learning. The result of validation book acquired average score about 84,8% with 97% of material aspect, 80,8% of media aspect, and 76,67% of learning aspect.
Keywords: knowledge-enrichment book, gravitational wave, stellar evolution
References
[2] Tanner, M. J, Digital vs print: Reading comprehension and the future of the book, SLIS Student Research Journal, Vol. 4 (2), Article 6 Issue 2, 2014
[3] Tosun, N, A study on reading printed books or e-books: Reasons for student-teachers preferences, OJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 13 (1), hal 21-28. 2014
[4] Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Depdiknas, 2016
[5] Izrul, Supriyadi, Budi E, Fahdiran R. 2016. Model Materi Gelap Dua Fluida Statis dengan Tambahan Konstanta Kosmologi. Jakarta : Fakultas MIPA
[6] Sugiyono, P, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013
[7] D. F. Saputri, S. Fadilah, and W. Wahyudi, “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 7 - 14, Dec. 2016.
[8] F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, Dec. 2015.
[9] D. Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 97 - 104, Dec. 2016.
[10] S. Maulana, D. Desnita, and R. Raihanati, “The Development of Knowledge Enrichment Books Concerning Ice and Snow Physical Studies for High-School Students”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 83 - 90, Dec. 2018.
[11] N. Nurhayati and B. Boisandi, “Penggunaan Modul Berbasis Konstruktivis pada Mata Kuliah Fisika Kuantum untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep ditinjau dari Kemampuan Matematik Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 33 - 38, Dec. 2015.