PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN HUJAN UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.11Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan tentang hujan yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika siswa SMA. Buku pengayaan pengetahuan memuat penerapan konsep tekanan, kelembaban udara, suhu dan perpindahan kalor, serta hukum 1 termodinamika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan buku pengayaan pengetahuan mengacu pada pedoman yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku pengayaan pengetahuan ditulis dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar, serta memberikan informasi yang menarik mengenai hujan. Instrumen penelitian terdiri dari empat aspek yaitu materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 84%, ahli media sebesar 95,55%, dan ahli pembelajaran sebesar 85%. Hasil uji coba penggunaan produk diperoleh rata-rata sebesar 87,58%. Hasil uji efektivitas diperoleh skor gain sebesar 0,6124 yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa dalam klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa buku pengayaan pengetahuan berjudul “Hujan Menurut Sudut Pandang Fisika†layak digunakan sebagai sumber belajar dalam program pengayaan yang mampu meningkatkan pengetahuan siswa.
Kata-kata kunci: buku pengayaan pengetahuan, kajian fisika, hujan.
Abstract
This research aims to develop a knowledge-enrichment book about the rain that worth to be used as a source of learning in the enrichment program for Senior High School. The knowledge-enrichment book contains the application concept of pressure, humidity, temperature, heat transfer, and the first law of thermodynamics. The research method used Research and Development and referring to ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The development of knowledge-enrichment book is referring to the guidelines that published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud. The knowledge-enrichment book is written in the communicative language, equipped illustrations and pictures, and give interesting information about the rain. The research instrument consists of four aspects: material, presentation, language, and graphics. The result of material expert validation is 84%, media expert validation is 95.55%, and instructional expert validation is 85%. The result in the field-test shows with an average score of 87.58%. The result of effectiveness test had a gain score of 0.6124 indicates that the book can increase students' knowledge in the middle classification. Based on these results show that the knowledge-enrichment book entitled "Hujan Menurut Sudut Pandang Fisika" is worth to be used as a source of learning in the enrichment program that can increase students' knowledge.
Keywords: knowledge-enrichment book, physics studies, rain.
References
[2] Sitepu, B.P., Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014, pp. 19.
[3] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 6 ayat 2 dan 3 Tentang Buku.
[4] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar.
[5] Puskurbuk, Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pelajaran, Jakarta: Balitbang Kemdikbud, 2017.
[6] Sitepu, B. P., Penulisan Buku Teks Pelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012, pp. 12.
[7] Sabaruddin, Laode, Agroklimatologi, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012, pp. 32.
[8] BMKG. (2017, Oct. 4). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika [Online]. Available: http://dataonline.bmkg.go.id/webfaq.
[9] S. Rezeki and I. Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 29 - 34, Jun. 2017.
[10] S. Kalatting, V. Serevina, and I. M. Astra, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2015.
[11] I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 71 - 78, Dec. 2016.
[12] U. R. Fitri, D. Desnita, and E. Handoko, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 47 - 54, Jun. 2015.
[13] F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, Dec. 2015.
[14] N. F. Karliana, D. Muliyati, and B. Z. Siahaan, “Pengembangan Naskah Drama Fisika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA berbasis Joyful Learning”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 97 - 102, Dec. 2015.
[15] S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.
[16] N. Rimbawati and M. Muchlas, “Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Blended Learning untuk Berbagai Jenis Gaya Belajar Siswa Menengah Atas pada Pokok Bahasan Listrik Statis”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 1 - 6, Dec. 2015.
[17] U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2016.
[18] H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 97 - 102, Jun. 2016.
[19] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.
[20] Hake, Richard R. (2017, Nov. 12). Analizing change/gain scores. [Online]. Available: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.
[21] Tanner, M. Julee. Digital vs. Print: Read comprehesion and the future of the book. SLIS Student Research Journal, Vol. 4, Iss. 2, 2014, pp. 1 – 12.