PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS WEB UNTUK MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA

  • Intan Rafannisa M. Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Anggara Budi Susila Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Bambang Heru Iswanto Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial berbasis web untuk materi gelombang bunyi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika di SMA. Produk berupa sebuah web learning fisika dengan materi gelombang bunyi yang sudah dilengkapi modul, lks, dan  latihan soal. Uji produk di lakukan di SMAN 63 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Telah dilakukan uji kelayakan oleh para ahli serta uji coba lapangan kepada siswa. Berdasarkan uji kelayakan oleh para ahli didapatkan penilaian ahli media sebesar 75%, ahli pembelajaran sebesar 73%, dan ahli materi sebesar 88%. Hasil yang didapatkan dari uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi rendah dimana diperoleh uji gain ternormalisasi sebesar 0,207. Dengan demikian pengembangan media video tutorial berbasis web untuk materi gelombang bunyi berdasarkan interpretasi skala likert dapat dinyatakan layak sebagai sumber belajar mandiri siswa.

Kata-kata kunci: Video Tutorial, Web Learning, Gelombang Bunyi.

Abstract

This study aims to develop web-based video tutorial media for sound wave material used as an instructional media of physics learning in high school. The product is a physical learning web with sound wave material that has been equipped with modules, lks, and practice questions. The product test will be done at SMAN 63 Jakarta. The research model is a research and development model centered on the ADDIE model that contains analysis, design, development, implement, and evaluate. Feasibility studies have been conducted by media experts and material experts. Based on the feasibility test by expert media judgment gained 75%, learning experts by 73%, and material experts by 88%. The results obtained from field trials showed that there was an increase in knowledge with a low interpretation which obtained the normalized gain test of 0.207. Thus the development of web-based video tutorial media for sound wave material based on Likert scale interpretation can be declared feasible as a source of students' independent learning.

Keywords: Video Tutorials, Web Learning, Sound Wave.

References

S. B. Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

L. Hakim and U. Musalini, Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004.

S. Kalatting, V. Serevina and I. M. Astra, "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning," Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, p. 1, 2015.

S. Rezeki and I. Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum”, jpppf, vol. 3, no.1, pp. 29-34, 2017.

S. Kalatting, V. Serevina, and I. M. Astra, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2015.

I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 71 - 78, Dec. 2016.

U. R. Fitri, D. Desnita, and E. Handoko, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 47 - 54, Jun. 2015.

F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, Dec. 2015.

N. F. Karliana, D. Muliyati, and B. Z. Siahaan, “Pengembangan Naskah Drama Fisika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA berbasis Joyful Learning”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 97 - 102, Dec. 2015.

S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.

N. Rimbawati and M. Muchlas, “Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Blended Learning untuk Berbagai Jenis Gaya Belajar Siswa Menengah Atas pada Pokok Bahasan Listrik Statis”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 1 - 6, Dec. 2015.

U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, 2016.

H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 97 - 102, Jun. 2016.

Bakri, F., Muliyati, D., & Nurazizah, I. (2018). Website E-Learning Berbasis Modul: Bahan Pembelajaran Fisika Sma Dengan Pendekatan Discovery Learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 90-95.

B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, jpppf, vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, 2018.

S. Kalatting, V. Serevina, and I. M. Astra, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2015.

H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, 2016.

S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik. Gravity: Scientific Journal of Research and Learning Physics, 4(2).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Reyzal, "Model Pengembangan ADDIE," jurnalpdf, vol. II, no. 19, p. 1, 2011.

Chaeruman, Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

H. Hamdani, S. Mursyid and J. Sirait , "Analisis Hubungan antara Sikap Penyelesaian Soal dan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika," JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 151-156, 2017.

S. Leccia, A. Colantonio, E. Puddu, S. Galano and I. Testa, "Teaching about mechanical waves and sound with a tuning fork and the Sun," Physics Education, vol. 50, no. 6, p. 677, 2015.

Published
2018-11-16
How to Cite
M., I. R., Susila, A. B., & Iswanto, B. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS WEB UNTUK MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.13