PENGEMBANGAN E-MODULE MATERI DINAMIKA ROTASI DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Salsa Billa Yuke Islami Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
  • Cecep E. Rustana Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
  • Raihanati Raihanati Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran modul elektronik (E-modulee) dengan pendekatan Collaborative Problem Solving (CPS) yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dinamika rotasi. Analisis kebutuhan berdasarkan studi literatur mendapatkan fakta bahwa lebih dari 50% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah kesetimbangan dan dinamika rotasi sehingga strategi yang digunakan untuk mengajarkan materi tersebut harus difokuskan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI MIPA B SMAN 105 Jakarta pada bulan Maret sampai Juli 2018 menggunakan desain pengembangan model Dick and Carey. Hasil analisis uji kelayakan terhadap e-module oleh ahli materi memperoleh prosentase 78,18%, oleh ahli media mendapatkan 76,84%, dan ahli pembelajaran sebesar 81,43%. Sedangkan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah menggunakan desain One Group Pre Test-Post Test dan memperoleh nilai gain sebesar 0,50 sehingga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dengan taraf sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menghasilkan e-modulee dengan pendekatan Collaborative Problem Solving yang layak pada materi dinamika rotasi dan dapat membantu meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa.

Kata-kata kunci: E-modulee, Dick & Carey, CPS, dinamika rotasi, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

This research was conducted to develop a learning media, electronic module (e-module) using Collaborative Problem Solving (CPS) approach that is eligible to upgrade students' problem-solving competency in the Rotational Dynamics subject. Needs analysis based on the study of the literature showed up that more than 50% of students having difficulty in resolving the problem of equilibrium and rotational dynamics so that in order to overcome this, the strategies used to teach the rotational dynamics subject should be focused to improve the problem-solving competency of students. This research was carried out against the students of Class XI of Science B SMAN 105 Jakarta in March to July 2018 using the design of the development model of the Dick and Carey. Feasibility test analysis results against e-module by material gain percentage 78.18%, by media expert get 76.84% of the learning and expert of 81.43%.As for measuring the ability of problem-solving using design One Group Pre Test – Post Test and obtained the value of the gain of 0.50, so that shows that an increase in medium level. So it can be concluded that this research can generate e-module approach Collaborative Problem Solving that's worth on material dynamics of rotation and can help improve problem-solving Abilities of students.

Keywords: E-module, Dick and Carey, CPS, Rotational Dynamics, problem-solving competency

References

J. D. d. J. K. W. Cutnell, Introduction to Physics, Singapore: John Wiley & Sons, Inc., 2013.

H. d. Sa’diyah, “Remediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Pontianak pada Materi Dinamika Rotasi menggunakan Model Learning Cycle 5E,” in Sa’diyah, H. dkk. Remediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Pontianak Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan.

S. D. H. M. N. &. R. A. Y. Aji, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika,” Aji, S. D, Hudha, M. N & Rismawati, A. Y. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Pscience Education Journal, vol. 1, pp. 36-51, 2017.

D. d. Sarkity, “Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi,” Sarkity, Dios dkk. 2016. Kesulitan Siswa SMA dalam MeProsiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, vol. 1, pp. 166-173, 2016.

[. O. f. E. C. a. Development, “PISA 2012 Field Trial Problem Solving Framework,” 2010.

I. M. A. H. &. S. K. Dwi, “Dwi, I. M., ArPengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 9, pp. 8-17, 2013.

R. d. R. C. Susilana, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian, Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPISusilanBandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI, 2008.

A. Suparman, Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan (Edisi 4), Salatiga: Erlangga, 2014.

U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2016.

N. Nurhayati and B. Boisandi, “Penggunaan Modul Berbasis Konstruktivis pada Mata Kuliah Fisika Kuantum untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep ditinjau dari Kemampuan Matematik Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 33 - 38, Dec. 2015.

U. R. Fitri, D. Desnita, and E. Handoko, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 47 - 54, Jun. 2015.

F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, Dec. 2015.

S. Trisnaa and A. Rahmi, “Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 9 - 14, Jun. 2016.

Bakri, Fauzi, Dewi Muliyati, & Inas Nurazizah. "WEBSITE E-LEARNING BERBASIS MODUL: BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) [Online], 3.1 (2018): 90-95. Web. 14 Feb. 2020

V. Serevina and D. Muliyati, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Gerak Partikel Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 61 - 68, Jun. 2015.

F. Fathiah, I. Kaniawati, and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, Jun. 2015

M. H. Mustofa and D. Rusdiana, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 15 - 22, Dec. 2016.

A. Sutiadi and H. Nurwijayaningsih, “Konstruksi dan Profil Problem Solving Skill Siswa SMP dalam Materi Pesawat Sederhana”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 37 - 42, Jun. 2016.

S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.

A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2008.

Published
2018-11-16
How to Cite
Islami, S. B. Y., Rustana, C. E., & Raihanati, R. (2018). PENGEMBANGAN E-MODULE MATERI DINAMIKA ROTASI DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.14