PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.15Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis model problem based learning pada materi listrik dinamis dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan video yang dikembangkan dalam pembelajaran dikelas. Hal yang mendasari penelitian ini ialah kurikulum 2013 revisi yang menekankan pembelajaran yang mandiri, aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mixed methods), yang terdiri dari penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen. Metode penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penilaian media menggunakan skala Likert sementara pengukuran hasil belajar siswa dalam ranah kognitif menggunakan uji gain ternormalisasi dengan instrumen pre-test dan post-test. Konten dari video yang dikembangkan terdiri dari penjelasan materi, animasi, dan contoh soal yang akan ditampilkan berdasarkan tahapan model problem based learning. Penggunaan video dalam pembelajaran akan disertakan dengan lembar kerja siswa yang terintegrasi dengan video. Hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 79,26% dengan kategori layak.
Kata-kata kunci: video pembelajaran, problem based learning, listrik dinamis, hasil belajar.
Abstract
This research aims to develop a learning video based on a problem-based learning model on dynamic electrical material and measure improvement of student learning outcomes after using video developed in classroom learning. The underlying issue of this research is the revision 2013 curriculum that emphasizes independent, active and creative learning. This research uses mixed methods, which consists of research development and experimental research. The research development method refers to the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The media assessment instrument uses a Likert scale while measuring student learning outcomes in the cognitive domain using a normalized gain test with pre-test and post-test instruments. The content of the developed video consists of material explanations, animations, and sample questions that will be displayed based on the stages of the problem-based learning model. The use of video in learning will be included with student worksheets integrated with the video. The results of the validation test by the media expert obtained an average score of 79.26% with a decent category.
Keywords: learning video, problem based learning, direct current electricity, learning outcomes.
References
[2] Carr, W, & Kemmis, S, Becoming Critical: Education, Knowledge, and Action Research, London : Routledge Farmer, 2004.
[3] Daryanto, Media Pembelajaran peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
[4] Genereo, VR, & Lyons, R, Problem-Based Learning: Six Steps to Design, Implement, and Assess, (2018, Oct). [Online] HYPERLINK
“https://www.facultyfocus.com/articles/course-design-ideas/problem-based-learning-six-steps-to-design-implement-and-assess/”
[5] Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W, Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Bandar Lampung: Universitas Negeri Lampung, 2016.
[6] Kemendikbud. (2016, December). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dipetik 03 4, 2018, dari Kemdikbud Web Site [Online] HYPERLINK
“https://www.kemdikbud.go.id/”
[7] Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
[8] Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik dinamis,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika Vol 2 No 1, pp 57-64, 2014.
[9] F. Fathiah, I. Kaniawati, and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, Jun. 2015
[10] M. H. Mustofa and D. Rusdiana, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 15 - 22, Dec. 2016.
[11] A. Sutiadi and H. Nurwijayaningsih, “Konstruksi dan Profil Problem Solving Skill Siswa SMP dalam Materi Pesawat Sederhana”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 37 - 42, Jun. 2016.
[12] S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.
[13] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.