PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP “STUDENT LEADERSHIP” (KEPEMIMPINAN SISWA) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS I SEKOLAH DASAR.

  • Rizky Alawiyah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pendidikan karakter, kepemimpinan, kelas awal, sekolah dasar

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk penerapan nilai kepemimpinan siswa
mulai dari kelas awal. Pembiasaan mendengarkan dan didengarkan oleh orang lain.
Pembiasaan-pembiasaan ini untuk mewujudkan tujuan pendidikan karakter di
sekolah dasar. Keefektifan pembiasaan sikap kepemimpinan dalam penanaman nilainilai karakter dalam diri siswa SD. Tanggapan siswa terhadap pembiasaan sikap
kepemimpinan dalam pendidikan karakter di SD. Dengan menerapkan pendidikan
karakter secara sistematis, siswa didorong memiliki kecerdasan emosi. Penelitian ini
dilakukan di SD Islam Al Azhar 44 Summarecon Bekasi di kelas 1 C tahun pelajaran
2017-2018 dengan metode penelitian tindakan kelas. Dari penerapan sikap
kepemimpinan dan pembiasaan menunjukkan bahwa: sebagian besar siswa terbiasa
mendengarkan (menghargai) orang lain dan belajar didengarkan oleh orang lain.
Siswa menjadi lebih mandiri, dan disiplin untuk melakukan setiap kegiatan di
sekolah sehingga memperoleh banyak preatasi belajar. Siswa memiliki respon yang
sangat positif terhadap pembiasaan sikap kepemimpinan. Pembiasaan sikap
kepemimpinan diterapkan di semua kelas di sekolah.

Published
2019-01-31