PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH

  • Amrulloh Amrulloh Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pemahaman konsep, matematika realistik, bangun datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
siswa pada mata pelajaran matematika, pada materi bangun datar dengan menggunakan
pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Iman Pondok
Melati Kota Bekasi pada siswa kelas IV tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan survei di
lapangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa meningkatnya pemahaman konsep siswa
melalui pembelajaran matematika realistik dengan nilai rata-rata hasil belajar tes pemahaman
konsep pada skala 2,10 sebelum menerapkan pembelajaran matematika realistik menjadi
meningkat rata-rata pada skala 2.80 setelah menerapkan pembelajaran matematika realistik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik ini dapat
meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa.

Published
2019-01-31