LITERASI SAINS MELAUI VIDEO SCRIBE DAN KAHOOT PADA MATERI EKOSISTEM

  • Desih Yanah Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Setyo Budi Universitas Negeri Jakarta
  • Sukro Muhab Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Literasi Sains, Video Scribe, Kahoot, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi
sains melalui video scribe dan kahoot berpengaruh langsung terhadap
kemampuan kognitif siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian
menggunakan metode pretest/posttest dengan desain penelitian
Reserch and Development (R&D). Analisis data menggunakan analisis
statistic dengan menggunakan program SPPS 22 for windows. Uji
hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi
siswa kelas V semester ganjil TA 2018/2019 dengan sampel penelitian
kelas VA dan VC. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa ada
pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada
materi ekosistem.

Published
2019-01-31