PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN PROSES PEMBELAJARAN

  • Happy Rizky Kurniasih Universitas Negeri Jakarta
  • Edwita Edwita Universitas Negeri Jakarta
  • Eko Siswono Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pendidikan karakter, budaya sekolah, pembiasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi penguatan
pendidikan karakter berbasis budaya sekolah melalui pengembangan proses
pembelajaran di SD Global Islamic School, yang saat ini merupakan sekolah rintisan
PPK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan
teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi guna mendapatkan
data di lapangan. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu: (1) pengembangan
proses pembelajaran pendidikan karakter menggunakan pendekatan proses belajar
secara aktif berpusat pada anak; (2) program sekolah yang dilaksanakan telah
memenuhi lima karakter prioritas, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong,
dan integritas; dan (3) kegiatan pembiasaan yang telah dilakukan baru memenuhi
empat nilai karakter religius, nasionalis, mandiri dan gotong royong sementara nilai
karakter integritas belum memiliki kegiatan pembiasaan.

Published
2019-01-31