PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

  • Sutrisno Sutrisno Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sikap Ilmiah, dan pendekatan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa SD di Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Laboratorium PGSD FIP UNJ dan SD Ar Rahman Motik Setiabudi Jakarta Selatan. metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan penerapan pendekatan kontekstual yang dibandingkan dengan pendekatan ekspsitorii. Teknik pengumpulan data menggunakan angket setelah berlangsungnya proses belajar mengajar sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penghitungan menunjukan pada uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 6,284 dan dk = 30, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 30 adalah sebesar 2,042. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (6,284 > 2,042), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Berdasarkan hasil itu, disimpulkan terdapat perbedaan antara sikap ilmiah yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan pendekatan ekspositori pada siswa kelas V SD Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan.

Published
2019-01-31