HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V

  • BAI LATIFAH Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Hubungan Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model korelasional. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel penelitian ini adalah pada peserta didik kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 109 siswa yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V; (2) Terdapat hubungan yang positif antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar IPS pada peserta didik kelas V; (3) Terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar IPS pada peserta didik kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Efikasi Diri memiliki kontribusi lebih besar terhadap Prestasi Belajar IPS pada peserta didik kelas V dibandingkan dengan Kecerdasan Emosional. Akan tetapi Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional memiliki kontribusi secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar IPS pada peserta didik kelas V.

Published
2019-01-31